Belajar bahasa Inggris secara mandiri – Bagian I

(I have made the second installment of this topic, the second installment is written in English. If you have followed this first part and execute its suggested steps, you should have no difficulty reading the second part. The second part of this topic can be accessed here)

Kita tentu memahami pentingnya dan manfaat kemampuan berbahasa Inggris dengan fasih. Ada berbagai tingkatan penguasaan bahasa, dan semakin tinggi penguasaan kita akan bahasa tersebut, maka semakin banyak manfaat yang akan kita peroleh dari kemampuan berbahasa kita.

Sejauh mana kita harus menguasai suatu bahasa asing?

Menurut saya, sebaiknya kita menguasai bahasa asing sampai taraf dimana penguasaan kita setara dengan orang yang menggunakan bahasa tersebut sebagai bahasa ibunya (native speaker). Alasan utama adalah agar kita mampu memperoleh manfaat maksimal dari kemampuan berbahasa asing tersebut, kita bisa melaksanakan perkerjaan dalam bahasa tersebut, apabila kita berkomunikasi, terutama dalam konteks kerja, kita akan dilihat sebagai professional yang mempunyai kemampuan komunikasi yang baik dan kapasitas untuk menguasai bahasa asing dengan baik.

This is especially important for English, so many Indonesian depart to foreign (mostly English speaking) countries with minimal or mediocre English speaking skill, hoping to find dollar paying jobs abroad. What they will find is that although they can obtain entry level jobs, their career development will be hindered by the lack of ability to speak English in a fluent and professional manner. Respect and trust are important when one seeks development in their career, and these will be hard to gain if your superior and peers don’t perceive you as a fluent communicator in their language.

Alangkah baiknya kalau kita bisa menguasai bahasa asing sampai taraf yang cukup tinggi sehingga kita dinilai sebagai orang dengan taraf internasional, keuntungan utama dari kemampuan demikian adalah kita pun tentu akan memperoleh kompensasi taraf internasional.

Pertanyaan selanjutanya adalah, Bagaimana?

Bagaimana kita bisa menguasai bahasa asing sampai taraf yang tinggi dimana kita dihargai setara dengan orang asing?

Dengan belajar tentunya, tapi ada satu kendala yang sering diungkapkan yaitu keterbatasan dana dalam belajar bahasa asing. “Les bahasa Inggris mahal, apalagi yang bagus, gw mana ada duit”

Untuk bagian pertama ini saya akan membagikan cara-cara dimana anda bisa belajar bahasa Inggris sampai taraf menengah dengan biaya uang yang minim. Untuk bisa mengikuti tips2 ini, anda harus memiliki pemahaman dasar akan bahasa inggris, tata bahasa (grammar) dan kosakata (vocabulary) yang cukup baik, saya rasa jika anda telah menyelasaikan pendidikan bahasa inggris sampai sma, maka anda memiliki dasar yang cukup untuk belajar bahasa inggris secara mandiri.

Tentu saja ada tetap ada harga yang harus dibayar, harga ini berupa disiplin diri dalam meluangkan waktu untuk belajar dan berlatih. Begitu banyak orang Indonesia gagal dalam soal disiplin diri, lantas meletakkan tanggungjawab kepada kondisi, nasib, orangtua, dan bahkan “kehendak Tuhan”, tanpa bersedia bercermin dan membayar harga, ini bukan cara hidup orang yang bersungguh-sungguh menghargai talenta dan hidup yang Tuhan berikan, do not follow this type of mistake.

Ada 4 komponen dalam bahasa, reading, listening, writing, and speaking, saya akan membagikan tips untuk mengembangkan kemampuan bahasa mulai dari komponen yang paling sederhana

1. Mulai dengan membaca buku/komik anak-anak dalam bahasa inggris. Tujuan utamanya adalah untuk membangun vocabulary dan grammar dasar anda, manfaat lain adalah untuk membangun kepercayaan diri anda, dimana anda bisa menyelesaikan sebuah buku dalam bahasa inggris (walaupun buku untuk anak-anak). Selain membeli, anda bisa memperoleh buku ini dengan cara meminjam dari perpustakaan, perpustakaan gereja, umum, ada berbagai tempat yang menyediakan buku/komik anak-anak dalam bahasa Inggris. Mulai dengan buku-buku yang sederhana, buku-buku bergambar misalnya, lanjutkan dengan buku yang lebih tebal (buku teks dengan sekitar 100 halaman), lanjutkan dengan buku dari pengarang yang berbeda, dengan demikian anda bisa memperluas kosakata dan pemahaman grammar anda dengan mudah.

2. Anda punya akses internet? Buka Jakarta Post di internet, dengan membaca koran lokal dalam bahasa Inggris, anda mulai membaca kosakata yang lebih kompleks, dengan tata bahasa yang lebih rapih tetapi dalam konteks yang anda mudah pahami (berita dari koran lokal). Usahakan membaca beberapa berita sampai selesai, lanjutkan aktivitas ini untuk beberapa minggu kedepan. Jika ada kata yang anda tidak pahami, anda bisa kamus online bahasa inggris-indonesia (cari di google). Lanjutkan terus sampai anda bisa membaca semua topik berita dengan pemahaman yang cukup baik. Dengan membaca berbagai topik berita, anda mulai memperluas jangkauan kosakata anda, anda memperoleh kosakata yang lebih resmi, dan dalam berbagai topik.

3. Mulai membaca novel dalam bahasa inggris, mulai dengan novel yang sederhana, seperti Harry Potter (Harry Potter memang panjang, tetapi bahasa yang dipakai tidak rumit). Dengan membaca novel, anda mulai belajar membaca bahasa Inggris resmi dalam konteks cerita (di tahap 2 anda belajar dalam konteks berita dari koran lokal), anda juga mulai memperluas kosakata anda karena novel memakai begitu banyak kosakata yang tidak dipakai dalam berita. Anda tidak perlu membaca semua bab dari novel Harry Potter, tujuan anda adalah memperluas kosakata anda tanpa membuat diri anda bosan dengan cerita yang sama (if you happen to dislike Harry Potter). Dari novel anda juga mulai berkenalan dengan ungkapan dan peribahasa dalam bahasa Inggris, jika anda telah mengikuti langkah 1 dan 2 diatas, ketika anda membaca novel, anda akan menemukan phrasa-phrasa yang tampaknya aneh, phrasa-phrasa ini biasanya merupakan ungkapan dalam bahasa Inggris, gunakan google untuk melihat apakah phrasa yang demikian memang merupakan ungkapan dan apa artinya. Setelah anda membaca novel sederhana, lanjutkan dengan novel yang lebih rumit, novel dari Agatha Christie misalnya, merupakan langkah lanjutan yang baik untuk mengembangkan bahasa Inggris anda. Usahakan membaca novel tingkat lanjut sampai selesai, ditahap inilah anda mulai mengembangkan kosakata secara signifikan. Sekali lagi, anda bisa mencari softcopy novel2 bahasa inggris dari google, atau dari rekan anda yang kebetulan memiliki versi softcopy.

(these 3 steps are the basic steps to develop your reading skills, we will continue with developing basics for the other 4 skills)

4. Developing your listening skills. Listening is a skill a level harder than reading, here the speaker’s accent, tone, and pace present additional challenges for you. Langkah yang paling dasar, mulai dengan mendengarkan lagu-lagu dalam bahasa Inggris. Kemudian mulai menyimak lagu yang anda belum ketahui liriknya, coba tulis liriknya, selengkap yang anda bisa, lalu gunakan google untuk mencari lirik dari lagu yang anda dengarkan, kemudian cocokkan dengan lirik yang anda tulis, dengarkan lagu yang sama beberapa kali sampai anda memahami apa yang diucapkan. People speak with different pace and intonation, singing amplifies this tendency, by developing the skill to listen a singer sing, you’re building a strong basis in listening. Lanjutkan ini sampai anda bisa mendengarkan lagu dari berbagai genre dan memahami lirik lagu dengan cukup baik

5. Mulai menonton film bahasa inggris dengan subtitle bahasa inggris. Sewa DVD ato pinjam DVD dengan subtitle bahasa inggris, saksikan film tersebut dengan subtitle bahasa inggris, coba dengarkan, pahami, dan cocokkan apa yang diucapkan dalam film dengan subtitle. Dengan cara ini, anda mulai mengembangkan kemampuan mendengarkan bahasa inggris dalam percakapan. Sebaiknya anda mendengarkan film dengan banyak dialog, film komedi atau drama biasanya mengandung cukup banyak dialog.

Writing and Talking –

2 kemampuan pertama adalah kemampuan bahasa pasif, sekarang anda beranjak belajar kemampuan bahasa yang aktif, menulis dan berbicara. Dibutuhkan lebih lagi usaha dan niat dari anda untuk belajar, tidak ada orang yang bisa mengawasi dan memaksa anda untuk belajar, keberhasilan anda dalam menguasai kemampuan menulis dan berbicara dalam bahasa Inggris tergantung pada disiplin diri anda.

6. Mulai memakai bahasa inggris secara aktif dalam komunikasi internal anda:

a. Mulai menulis catatan anda dalam bahasa Inggris. Anda tidak perlu selalu mencatat dalam bahasa Inggris, untuk tahap awal anda bahkan tidak perlu menulis dengan grammar yang sempurna. Yang anda perlu lakukan adalah mulai menulis beberapa kalimat di catatan anda dalam bahasa Inggris. Lakukan ini berkali-berkali, ingat, berkali-kali. Semakin sering anda menulis catatan anda dalam bahasa Inggris, maka anda akan semakin sering menghadapi tantangan (sulit menemukan kata yg tepat dalam bahasa inggris), apabila tantangan ini anda responi dengan baik (aktif mencari kata yang tepat dari kamus) maka anda akan semakin mahir. Sekali lagi, kunci penguasaan bahasa inggris bukanlah pada seberapa banyak anda ikut les, tetapi pada kesediaan anda untuk aktif belajar.

b. Mulai gunakan bahasa inggris dalam komunikasi internal anda, seringkali kita berpikir atau mengucapkan sesuatu ke diri sendiri, entah ketika kita sedang mencoba mengingat-ingat sesuatu, merencanakan tindakan kita untuk hari ini, atau hal lainnya dimana kita melakukan komunikasi internal. Mulai gunakan bahasa inggris dalam komunikasi internal ini, misalkan anda sedang berpikir “hari ini musti ngapain aja yah”, coba ucapkan kalimat yang sama dalam bahasa inggris “what are the things I must do today”, jadi mungkin komunikasi internal anda akan seperti ini “hari ini musti ngapain aja yah…eh, itu bahasa inggrisnya gimana yah..umm…..what today must do… what do I have to do today”. Kunci dari teknik ini adalah anda harus menyadari bahwa anda sedang berpikir, dan aktif mencoba mengucapkan pikiran yang sama dalam bahasa inggris. Lakukan ini untuk kalimat-kalimat yang sederhana, tapi lakukan ini berulang-ulang, jika anda tekun dan aktif (sekali lagi, aktif) berusaha mencari padanan kalimat dalam bahasa inggris, anda akan terbiasa menggunakan bahasa inggris. Jika anda telah melakukan latihan ini cukup lama, you will be able to compose an entire line of thought in English.

7. Berlatihlah berbahasa inggris aktif dengan rekan yang lebih terbiasa berbahasa inggris secara aktif. Jika anda memiliki rekan yang anda tahu memiliki kemampuan bahasa inggris yang cukup baik dan mengerti niat anda untuk belajar bahasa inggris, maka anda bisa berlatih berbahasa inggris dengan rekan anda. Apabila anda mengirimkan sms, kirimkan sms dalam bahasa inggris, apabila anda bercakap-cakap, lakukan dalam bahasa inggris. Seperti semua kemampuan (skill) pada awal-awalnya akan banyak kesalahan dan kecanggungan dalam mempraktekan kemampuan tersebut, tetapi semakin sering anda berlatih dengan rekan anda, kemampuan anda semakin berkembang dan anda akan semakin percaya diri dalam berbahasa inggris

Langkah 1 sampai 7 diatas adalah langkah-langkah yang cukup untuk mencapai tingkat kemahiran menengah dalam berbahasa inggris, apabila dilakukan dengan tekun. Saya akan menulis bagian kedua dari catatan ini, dibagian kedua ini saya akan menjelaskan langkah-langkah untuk belajar bahasa inggris secara mandiri sampai tingkat akhir.

English is a skill, like all skill, it can be learned, and like all skill, it takes self discipline and active approach to master a skill. Nobody speaks English when they were born, not even the English, if hundreds of million of people can successfully learn English, so can you.

9 Responses

  1. waduh panjang banget nh jalan ceritanya

  2. good article😉

  3. yup… good article.

  4. […] Bahasa Inggris Secara Mandiri – Bagian II Posted on November 28, 2008 by sendy82 I have talked about how to learn English independently. I think it’s time to publish the second part of the topic.I believe if a high school graduate […]

  5. good motivator, this article provide clear and simple way to be an english spoken man

  6. entar tak coba dirumah ah

  7. link berikut moga2 bisa membantu anda utk mempelajari dan menguasai bhs inggris ===> http://dvdmurah.wordpress.com/tell-me-more-versi-8/

  8. hmm….. not bad!

  9. belajar terus tiada henti. Time is study. gittu loh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: